Kartini Tahun Ini

Pagi ini saya memulai hari sekitar pukul 9 . Saya ingat hari ini tanggal 21 April. Seorang teman sudah mengucapkan Selamat Kartini jam 12 malam tadi. Ditambah lagi sms dari Gita, yang juga mengucapkan hal senada. Tidak mau kalah. Saya buka komputer dan mengaktifkan pidgin. Pasang status “happy Kartini’s day, woman!”.

Hari Kartini selama ini memang tidak begitu spesial buat saya. Saya tidak pernah kebayaan dengan sengaja lagi sejak acara Kartini zaman SD dulu. Biar begitu, ada kebanggaan di sudut kecil hati saya atas dirayakan pergerakannya wanita di Indonesia. Hidup berjalan seperti biasa sampai muncul sebuah window Pidgin yang mengomentari status yang saya pasang. Ehm, kita sebut saja namanya Okta. Tentu saja bukan nama sebenarnya.

Okta: Apa sih Kartini-Kartinian. Biasa aja.

Ohoho, ternyata memang tidak semua orang menyambut antusias ya. Akhirnya saya balas,

Ika: Iri yaa, mentang-mentang nggak ada hari Kartono. :))

Saya jawab dengan niat bercanda saja. Ternyata jawabannya diluar dugaan saya.

Okta: Kalo mau ada persamaan antara cowo dan cewe, harusnya nggak usah pake acara kartini-kartinian. Nggak penting.

Waduh, ini orang. Pagi-pagi kok udah ngajak berantem. Ada panas yang melanda dalam hati saya. Hari Kartini yang jatuh 21 April adalah jatuh pada hari kelahiran pahlawan wanita Indonesia, R.A. Kartini. Kartini dikenang jasanya karena dia memperjuangkan hak kaum wanita Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Begitu juga kalau kita memperingati 17 Agustus. Karena pada hari tersebut kita mengenang jasa pahlawan yang akhirnya meraih kemerdekaan RI. Begitu juga dengan peringatan Maulid Nabi, Isa Almasih, Natal, Isra’ Mi’raj, dan hari besar lainnya.

Wahai saudara Okta,

Kalau memang semua itu tidak penting untuk diperingati. Apakah alasan spesifik yang anda kemukakan? Oh ya, saya berasumsi paling tidak anda memperingati hari kelahiran setiap tahunnya. Begitu pentingnyakah menurut anda hidup yang anda jalani, hingga diperingati tiap tahunnya?

Akhirnya saya memutuskan untuk tidak meladeni panjang pembicaraan itu.

9 Comments on “Kartini Tahun Ini”

  1. Ray Rizaldy says:

    wuiii, ganti theme ya???

    yang cowo tenang aja, kan ada father’s day
    (hahaha, itu mah klo dah jadi bokap yak?)

  2. rockerbad says:

    perhatian buat cowo-cowo, mulai taun depan kita adain hari kartono deh, tanggal brapa ya…
    hmmm si kartono sih kayanya lahirnya tanggal 7 maret. Gmana kalo tanggal 7 maret kita peringati sebagai hari kartono

    :p
    *udah mulai ga penting yah gw.. blm minum obat tampaknya

  3. ikazain says:

    @Ray:
    Emang Father’s Day itu kapan ray? Baru dengar.

    @Rockerbad:
    Kenapa 7 maret?

  4. Echi says:

    Ahahaha..

    Anggep aja doa lagi bad mood. Kalau dibahas lebih panjang, bakal menyangkut genre soale 😀

    Tapi btw, koq bisa ada dia di list YM Lo, Bu?

  5. ikazain says:

    yaa, emang teman se-afiliasi.
    emang dari awal doi udah singgung2 genderism.
    males gue makanya.

  6. Nadya Fadila says:

    huahahaha…
    sabar ‘kaa…. sabaaarrr…
    hehehehee…

  7. Dian Amelina says:

    Idem sama Nadya.Pokonya hidup wanita indonesiaaaa…Hahaha =)

  8. ray rizaldy says:

    ada ka, tanggal 17 juni… tapi gak tau klo di Indonesia ada apa gak…

  9. ikram says:

    OOT: tolak tempat parkir khusus pengendara perempuaaaan!


Leave a Reply

