Ujian-apapun-namanya-nanti

Kemarin baca koran. Tertulis 41 Perguruan tinggi boikot sistem SPMB. Mereka mau bikin sistem baru berjudul UMPTN. Familiar ya? iya, kepanjangannya juga sama kok. Ngobrol punya ngobrol sama seorang teman pemilik Bimbel, katanya karena tesnya hanya fokus ke akademik. Tidak ada tes yang menunjukkan minat, bakat, potensi, TOFL, dan teman-temannya itu.

Hooo, kalau memang karena itu masalahnya, sebagai salah satu jebolan SPMB, saya diam-diam senang. Nantinya kualitas teman-teman yang masuk PTN tentu akan lebih baik dibandingkan angkatan saya atau sebelum-sebelumnya. Penasaran, saya coba cek-cek lagi dengan berjalan-jalan ke beberapa situs berita. Ternyata eh ternyata, masalahnya bukan konten tes yang diberikan lho. Tapi masalah  transparansi dana. Jadi, uang beli formulir itulah yang dipermasalahkan. Para PTN ini ndak setuju kalo uangnya masuk ke kas negara, cek ini deh. Tang ting tung, akhirnya jika UMPTN nanti jadi ada, ada angka bagi-bagi 60 – 40 untuk pilihan IPA/IPS dan 55 – 30 – 15 untuk IPC, di sini. Hoho, katanya sih mereka masih mau berdamai alias rembuk balik ke SPMB, kalo Depdiknas mau diajak kerjasama, di sini.

Yaa, saya tidak jadi senang diam-diam deh. Tapi jangan khawatir buat teman-teman yang akan menghadapi ujian-apapun-namanya-nanti-itu, karena tim penyusun soal akan meminimalisir perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Eh, saya jadi aja deh, diam-diam senangnya. Kalau diminta jadi pengawas di ujian-apapun-namanya-nanti. Lumayan honornya buat makan enak 🙂

Advertisements

2 Comments on “Ujian-apapun-namanya-nanti”

  1. ray rizaldy says:

    ah, sama aja lah… cuma bikin bingung orang mau masuk ptn aja ituh…

    nyokap daku, sekarang mau masukin adek daku ke PTN bingung tes nya apa? UAN? SPMB? USM? TPA? UMPTN? dll…

  2. ikazain says:

    bodo gue Ray. Apapun namanya, kalo gue dapet jatah jaga, gue seneng2 aja. hehehe.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s