Nostalgia

Pada suatu malam menjelang pengumpulan Template Pabrik (Tugas Matakuliah Perancangan Tata Letak Pabrik), saya diminta menemani pacar saya latihan di sebuah studio band. Saya pikir, komputer ini masih punya sisa batere, jadi tak apalah. Saya bisa menunggu di luar studio sambil mencicil layout kantor yang butuh sentuhan super duper detil.

Ternyata hujan turun. Ruang tunggu studio yang setengah terbuka sempat membuat saya sedikit menggigil. Bersukur saya bukanlah satu-satunya pengantar pemain-pemain yang sedang beraksi dalam studio sana. Ada Yudha dan Eka yang menemani saya. Saat akhirnya batere habis, saya jadi punya teman untuk membunuh waktu. Ditemani segelas Milo hangat, kami berbicara tentang apa saja. Entah bagaimana arah pembicaraan kami jadi mengenang masa-masa SD. Yudha dan saya menghabiskan masa SD di Jakarta, sedangkan Eka waktu SD berdomisili di Makassar.

Eka : Lo hafal nama-nama ibukota propinsi nggak?

Yudha : Hafal lah gue. Ayo coba!

Lalu kami mulai tebak-menebak mana sebagai ibukota mana. Saya paling terbelakang. Nilai IPS saya waktu di SD memang pas-pasan. Selanjutnya diteruskan dengan bercerita tentang pelajaran IPA.

Saya : Kalo pertama kali belajar IPA tuh belajar apa ya..??

Lalu kami berlomba-lomba menjawab. Hmm, kalau tidak salah tentang zat. Bahwa zat itu terdiri atas tiga jenis: gas, cair, dan padat. Kemudian cerita nostalgia terus berlanjut sampai ke tata upacara bendera. Saya dan Yudha bersikeras bahwa waktu upacara hari Senin, kami melantangkan Janji Siswa, selain UUD 1945 dan Pancasila. Tapi Eka bilang, “Nggak, gue nggak pake ada Janji Siswa..” Dan inilah teks Janji Siswa yang kami perdebatkan:

Janji Siswa

  1. Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, abdi terhadap tanah air dan bangsa, setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945
  2. Adab terhadap orang tua, hormat terhadap guru serta menjunjung tinggi derajat dan martabat sekolah
  3. Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa
  4. Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan
  5. Menjadi warga masyarakat DKI Jakarta yang baik dan pemuda Indonesia yang bertanggung jawab

Yaa, wajar saja kalau Eka tidak familiar dengan Janji Siswa. Ternyata Janji ini memang khusus diselenggarakan di kota Jakarta. Omong-omong, saya ingat betul waktu saya pertama dengar Janji ini. Sebagai anak SD, saya sudah sadar kalau janji ini berat sekali. Saya tentu saja takut jika suatu hari saya tidak bisa memenuhi janji itu. Akibatnya saya mengkaitkan telunjuk dan jari tengah saya setiap sesi ini sedang berlangsung.

15 Comments on “Nostalgia”

  1. kicow says:

    heh, janji siswa apaan tuh? perasaan gw ga pernah ada yang namanya janji siswa deh. Nih anak jakarta narsis nih, pake ada acara janji siswa segala. Indoktrinasi. Mencucui otak anak2 SD. untung lah gw ga pernah berjanji seberat itu, hehehe…

    Btw, gw sebenernya apal kok pembukaan UUD 45… Cuma gw lagi suntuk PLO sekarang…Ntar lah besok kita adu PEMBUKAAN UUD 45. Gimana kalo kita bikin lomba ngapalin pembukaan uud 45 dan pancasila beserta butir2nya? hahaha..

  2. sawung says:

    Ga berat itu janjinya, pelaksanaannya yang rada syusyeh πŸ˜›

    Janji angkatan 2005 dolo di oskm apa ya?

  3. ray rizaldy says:

    @sawung: 2005? mau bikin rumah sakit bagi yang tak mampu klo gak salah…

    daku bukan di DKI, tapi di bekasi. tapi ada kayak gitu2an juga sih, cuma bukan janji siswa. daku lupa namanya.

    trus kalo lagi disuruh ikut membaca, daku sih diem aja.
    soalnya ada point: taat dan patuh melaksanakan kewajiban sekolah (alias PR) dan daku bukan orang yang suka ngerjain PR

  4. yasmin says:

    waaa… kok lo masih apal aja sih janji siswa?
    gue juga dulu ngerasa janji itu berat ka. makanya, gue ga ikutan ngomong, cuma mangap2 aja. haha.

  5. ikazain says:

    @Kicow:
    lomba tata upacara bendera aja sekalian co, hehe..

    @Sawung & Ray:
    bukan ‘rada’ lagi wung, syusyeh mampyush malah. Wah, waktu OSKM 2005 saya cuma lari2 jadi keamanan.
    Berat juga ya, bikin rumah sakit Ray. Coba udah jadi, mungkin lo nggak harus di operasi amandel sampe ke Bekasi Ray, hehe.

    @Yasmin:
    Iya Min, penasaran banget. Waktu nostalgianya sih cuma inget sepotong2. Akhirnya gue cari deh teks penuhnya πŸ™‚

  6. Echi says:

    Weleh weleh, masih SD udah disuru berjanji. Mana ngerti apa yang diomongin πŸ˜›

  7. arloeat says:

    bener banget lo..nyontek aja ga bisa ditahan, disuruh ngelakuin hal2 berat pula..hehe

  8. aldud says:

    sekolah gw gaada janji siswa. ahahaha.

  9. ikram says:

    sama, sekolah gua nggak pake janji2an.

  10. ikazain says:

    @Echi: gue tapi ngerti kalo itu janji yang sungguh berat lho Chi..

    @Arlo: Nyontek itu apa bung Arlo? sepertinya saya baru denger kata itu *gyahahaha, anak baik gue waktu SD. Nggak pake nyontek2an, hihihi.

    @Aldud: cuma di Jakarta, Dud. SD lo Jakarta kah?

    @Ikram: Depok jelas nggak ada Kram….

  11. Quch2 says:

    Haha…
    Itu sampe SMA juga masih ada kan?…

  12. @BabyZeeM says:

    Makasih ya! infonya. lagi nyari teks janji siswa buat tugas b.indonesia πŸ™‚

  13. aku juga, setiap baca janji siswa, dibelakang kalimat aku tambahin “insya allah..” wkwkwk

    berat boooo…

  14. aku juga sama, setiap mengucap janji siswa, kami sekelas kompakan untuk mengucap “insya allah” disetiap akhir kalimat…wkwkwk

    berat booooo untuk diikuti..wkwkwk

  15. Thanks for text nya..


Leave a Reply

