Mau Tahu Dari Mana Melsa Hotspot Dapat Duit?

Saya bersama seorang teman lama pergi ke sebuah kefe 24 jam di plaza jalan Dago. Kami memang hendak mengobrol lama. Sambil menunggu pesanan datang, saya keluarkan notebook baru dari tas. Hahaha, pamer nih. Sekalian nyoba user sebuah provider internet gratis. Ah, sudah sebut saja: Melsa.

Sudah 5 menit saya kutak-katik ini notebook, kok nggak konek juga ya. Huh, saya mulai kesal. Saya cek satu-satu prosedurnya. Wifi sudah nyala. Network-nya pun sudah tersambung ke Melsahotspot. Apalagi yaa. Yasudah, saya tutup lagi itu notebook. Kembali pada tujuan semula, kami mengobrol.

Kira-kira 2 jam kemudian, karena penasaran, saya buka lagi notebook. Kutak-katik lebih keras, lebih teliti. Tetap saja tak bisa. Bahkan halaman Melsa-nya pun tidak keluar. Saya memutuskan beranjak dari kursi, menghampiri mas-mas kafe. “Mas, bisa bantuin aku nge-set wifi-nya nggak? Kok nggak konek2 ya?” kata saya. “Wah, saya nggak ngerti. Coba langsung telepon ke 421XXXX” jawab si Mas. Saya sigap mencatatnya di layar handphone, kemudian men-dial nomor tadi.

“Melsa Costumer Service bisa dibantu?” Jawab Mas Melsa. “Mas, saya nggak bisa konek” Saya langsung pada masalah. Kemudian si Mas menanyakan posisi saya. Dia bilang banyak user di sana bisa log on. Thank you Mr.Detective, I clearly can see that. Kalau saya nggak bisa konek dan pelanggan lain merasakan hal yang sama, saya nggak akan telepon situ.

Si Mas Melsa menuntun saya untuk klik ini dan klik itu. Ah, saya tidak salah. Semua sudah saya setting dengan benar kok. Si Mas pun menyerah, “Mbak, bawa aja notebook-nya ke kantor ya.”

Esok paginya, dengan semangat saya datangi kantor Melsa. Saya pikir setting gini mah nggak akan makan biaya. Ternyata mereka minta bayaran 15.000 Rupiah. Saya tengok isi dompet, tinggal 21.000 perak. “Lama nggak mbak?”, tanya saya. Hati kecil saya berharap mbak-mbaknya jawab ‘lumayannn..’ atau ‘mungkin satu jam..’, jadi saya bisa mengelak pergi dengan alasan, ‘lain kali deh mbak, lagi buru-buru soalnya’, hehehehe.

“Hmm, tergantung masalahnya apa sih mbak..” Jawab si Mbak. Entah mengapa saya punya keyakinan ini hanya masalah teknis, jadi tak akan lama. “Cuma lima belas ribu, kan?” tanya saya meyakinkan. “Iya, mbak..”, jawab mbak Melsa sambil senyum. Saya tahu dia pasti mengeluarkan amunisi kesabarannya waktu menghadapi saya. Semoga sisa harinya saat itu amat menyenangkan, Amin.

Tentu saja saya tidak merelakan notebook ini dipegang orang tanpa pengawasan saya. Jadi saya turut melihat mas-mas teknisi. Ia mengecek semuanya. Dan semuanya memang ter-setting dengan baik. Sampe-sampe dia buka run > cmd > ipconfig dan pake di-ping segala. Semuanya masuk, yang artinya oke. Hahahaha, ada perasaan senang di hati saya. Soalnya saya sudah mencoba semua yang dia lakukan. Ditambah lagi 15 ribu yang nanti akan saya keluarkan tidak sia-sia. Karena si mas ini juga puyeng liat keanehan notebook saya.

Si Mas pun menyerah. Ia memanggil rekannya. Laptop saya pindah tangan lagi. Tapi saya masih mengawasi. Kita sebut saja ini Mas teknisi kedua. “Tuh kan, semua udah oke.”, keluh Mas teknisi pertama. Saya senyum-senyum. Mas-mas pertama geram.

“Belum ini mah.” Cetus Mas kedua. Saya berhenti senyum. “DNS server-nya masih ada addressnya” katanya. Syaaa’ul. Saya benar-benar lupa lihat yang satu itu. Sebelumnya saya memang sempat konek kabel LAN di Boulevard. Tapi lupa matikan DNS-nya. Padahal IP address, yang letaknya persis di atas DNS address, sudah saya matikan.

Saya ganti geram. Mas teknisi pertama senyum-senyum. “Silahkan kembali ke kasir yang tadi ya mbak, sebelum pulang.”

Ternyata inilah mengapa Melsa bisa menyebar hotspot gratis di area Bandung. Selain karena iklan-iklan sebelum kita log-in itu, mereka menetapakan biaya unclick DNS server sebesar 15 ribu Rupiah.

21 Comments on “Mau Tahu Dari Mana Melsa Hotspot Dapat Duit?”

  1. ikram says:

    Moral cerita: jadi orang jangan sombong 😀

    Eh Ka lain kali kalo lo emang lagi mau buang-buang duit, kontak2 gua yak. Sama gua 10 ribu aja deh hahaha.

  2. rayrizaldy says:

    Hahaha,,,

    klo kayak gitu telp gw aja deh lebih murah dari ikram, goceng wae ka

    oh iya,,, akhirnya gw mencoba aktif di blog ini
    huhuhu menyedihkan liat webstat daku

  3. ikazain says:

    Kalo sama kalian berdua sih, dapet terimakasih dari gue juga udah hebat, hehehe.
    Eh, ray alamatmu apa? gue lupa. biar gue tampahin sini blogstat-nya. Ayo ray, balapan sama gue.

  4. ikramputra says:

    Ray! Sesama bus kota dilarang saling mendahului!

  5. Echi says:

    Apalagi kalo yang bawa bus kotanya sama-sama anak ITB 🙂

  6. ikazain says:

    Maklum Chi, pada dikejar setoran tuh.

  7. batari says:

    ika punya laptop baru yaaa. wohohoho.

  8. ikazain says:

    Alhamdulillah, Bat. Tapi nggak sekeren punya lo lahh, hihi..

  9. rayrizaldy says:

    me? raie.wordpress.com,,, gw juga naro semua anak boul di blogroll gw, hehehe
    yahhh,,, gw jelas kalah klo ngadu webstat sama lo ka. gw kan newbie

    @ikram : biasa kram seperti siasat supir taksi klo dulu naik taksi pasti pilih yang ada stikernya Tarif lama (3000 Rupiah buka pintu) klo tarif baru (lebih mahal tentunya) kurang diminati
    siasat dagang tuh
    * ga penting

  10. aji says:

    hmm…

    kayanya kalo income melsa dari orang2 kaya lu langsung bankrut lah mereka (segmentasi pada pasar yang nyaris nol)

    jadi apa yang hendak disampaikan ka? melsa kah? laptop baru kah? teman lama kah? duit 21ribu kah?

  11. ikazain says:

    Gue link ya Ray. Oh iya, lo ada PR tuh. Posting Hoax dari gue. Gyahahaha..

    Eh ada Aji. Yang ingin gue sampaikan: gue merelakan 15 ribu ke Melsa demi setting hotspot yang cuma unclick DNS Server. Kok link-nya ke FS? mana blog lo? haha.

  12. arfah says:

    Beberapa hari lalu, hari saat saya baru mengenal melsa, saya sempat menanyakan hal yang sama. Kebetulan pada kawan saya satu ini. Dia menjawabnya dengan menyuruh saya membaca tulisan yang segera ia taruh di blognya. Ya, ini. Saya baca dan berusaha memahami, tetap saja saya harus kembali menanyakan hal yang sama: dari mana seh melsa dapet duit?

    Hahaha

  13. ikazain says:

    yang pasti mereka dapet 15ribu perak hari itu dari gue, Arf. Cuh.

  14. sawung says:

    huehuehue.
    lumayan tuh 15 ribu bisa buat dapet AI3 satu setengah bulan 😀

  15. uwiuw says:

    …mereka menetapakan biaya unclick DNS server sebesar 15 ribu Rupiah.

    nasib kamu jelek banget hahaha…tapi sama donk…sy sekarang lagi beribet kenapa sy ngak bisa upload file ke webhost sy…hik..hikk..ada yg tau

  16. cocorico says:

    drpd byr sgtu coba pake melsa cracking tanpa account…
    utk info… cari dah d crack32

  17. rajim says:

    Judulnya sangat upssssxkxsksjba

    Btw, saya dulu sering ke Melsa lo mbak, tanya ini tanya itu, tapi ngga pernah di tagih , hehhe

  18. yudi says:

    melsa g bisa daftar online yak???

  19. kucing says:

    hr ini, 20 Sept 09, saya coba connect facebook di melsa pasteur hypersquare tp failed terus.
    apa memang sekarang melsa diblock untuk facebooknya?

  20. Reza Iransah says:

    Melsahotspot dapet duit dari restoran ato cafe yang menyediakan fasilitasnya lah…

    waktu pihak atau pihak2 akan membuat cafe,suapaya menambah banyak nya pengunjung,ada baiknya menggunakan fasilitas hotspot…

    ketika itu,pihak cafe membayar jumlah bandwith atau paket2 yang disediakan oleh cafe tersebut,namun dalam perjanjian nya pasti disebutkan bahwa melsahotspot mempunyai ciri-ciri fasilitas internet yang gratis,maka pihak cafe harus menyetujuinya….

    ya duit nya jelas lah dari cafe yang memiliki kontrak dengan melsahotspot nya…

    seakan2 gratis,padahal ya cafe nya tetep bayar ke melsahotspot…

  21. Ipa Suheti says:

    Oh gitu..jadi gimana ? Gak ngerti nih? Hehheehh


Leave a Reply

